Jumat, 21 Mei 2010

Penyakit Yang Paling Banyak Diderita Wanita (Lupus)

Penyakit Yang Paling Banyak Diderita Wanita (Lupus)

anita rentan sekali terhadap penyakit yang satu ini. Penyakit lupus (Systemic Lupus Erythematosus / SLE) dikatakan sebagai lupus karena penyakit ini menyebabkan ruam merah di pipi dan sekitar hidung pada banyak penderitanya. Lupus merupakan penyakit autoimun. Tubuh penderita membentuk kekebalan tubuh terhadap organ tubuhnya sendiri. Misalnya terjadi pada ginjal, hati, sendi, sel darah, dan lain sebagainya. Di dalam tubuh seseorang terdapat antibodi yang berfungsi menyerang penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Seseorang yang terkena penyakit ini, di dalam tubuhnya kan membentuk antibodi yang berlebihan. Akibatnya, antibodi justru menyerang sel dan jaringan tubuh yang sehat. Antibodi yang berlebihan tersebut masuk ke seluruh jaringan tubuh dengan beberapa cara, yaitu:
1. Antibodi dapat langsung menyerang sel tubuh seperti sel darah merah, sehingga menyebabkan sel hancur. Hal inilah yang menyebabkan penderita kekurangan sel darah merah atau anemia.
2. Antibodi dapat bergabung dengan antigen yang merupakan zat perangsang pembentukkan antibodi, yang kemudian membentuk ikatan yang disebut kompleks imun. Gabungan antibodi dan antigen akan mengalir bersama darah hingga tersangkut di pembuluh darah kapiler dan menimbulkan peradangan.
Lupus juga dikenal sebagai penyakit seribu wajah karena menyerang semua sistem organ dan gejalanya bervariasi. Penyakit lupus dapat diderita siapa saja tanpa kecuali. Namun Wanita lebih beresiko 6 hingga 10 kali dibandingkan pria, terutama pada usia 15 hingga 50 tahun. Karenanya, lupus seringkali menimbulkan berbagai masalah kesehatan, contohnya saja keguguran (jika seorang wanita sedang hamil terkena penyakit lupus), gangguan perkembangan janin, atau dapat menyebabkan bayi meninggal saat dilahirkan.
Bangsa Asia dan Afrika lebih rentan terkena penyakit in dibandingkan dengan kulit putih.
Penyebab penyakit lupus belum dapat diketahui, namun telah diketahui beberapa alasan mengapa wanita mudah terkena penyakit ini. Di antaranya :
1. Adanya dugaan kuat bahwa lupus berhubungan dengan hormon estrogen. Hal ini dapat dilihat oleh banyaknya wanita usia produktif yang terkena lupus.
2. Lingkungan ikut berperan serta, seperti infeksi, sinar ultra violet, alergi, stres, pemakaian obat-obat tertentu.
3. Faktor keturunan. Namun seberapa besar pengaruhnya berbeda pada setiap orang.
Pengobatan terhadap penyakit lupus dilakukan dengan memberikan obat hormon yang disebut steroid. Pengobatan terhadpa penyakit ini memerlukan pengobatan jangka panjang.

sumber : http://id.shvoong.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/1833314-penyakit-yang-paling-banyak-diderita/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar