Sabtu, 01 Mei 2010

Mahasiswa ISI Dibekali Pengetahuan Wirausaha

Mahasiswa ISI Dibekali Pengetahuan Wirausaha

Denpasar (Antara Bali) - Para mahasiswa ISI Denpasar yang menjadi peserta pelatihan wirausaha.Denpasar (Antara Bali) - Ratusan mahasiswa Institut Seni Indonesia Denpasar dibekali pengetahuan dan keterampilan wirausaha dengan tujuan agar mereka memiliki kemampuan membuka lapangan pekerjaan sendiri setelah lulus dari bangku kuliah.

PR III ISI Denpasar Drs I Made Subrata, MSi di Denpasar, Sabtu, menjelaskan, pelatihan yang merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional itu dikhususkan untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri dan politeknik se-Indonesia.

"Mahasiswa yang diberi pembekalan ini diminta membuat rencana bisnis yang nantinya akan disaring menjadi 88 orang. Ke-88 orang ini berhak mendapat bantuan dana untuk mengembangkan usaha, baik per orang atau bisa berkelompok dengan maksimal lima orang per satu kelompok," katanya.

Uang bantuan modal untuk membuat usaha yang disesuaikan dengan bidang ilmunya itu, katanya, termasuk persiapan dan dana operasional sampai usaha tersebut bisa berjalan, bahkan hingga mencapai titik impas.

Menurut dia, pelatihan Mahasiswa Wirausaha ini adalah program periode kedua, dan pada 2009 ISI Denpasar juga mendapatkan hibah untuk program yang sama.

"Kami bersyukur tahun ini ISI Denpasar kembali diberi kepercayaan untuk mengikuti program Mahasiswa Wirausaha," kata Made Subrata.

Ia menambahkan, lewat program ini diharapkan dapat mengurangi pengangguran intelektual yang jumlahnya cukup besar di negeri ini dan diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru, dimana mahasiswa sebagai pengelola bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatnya di kampus.

"Dalam perjalanannya nanti mahasiswa yang telah lolos seleksi akan dibina dan didampingi oleh dosen yang telah ditunjuk. Mereka juga diwajibkan membuat laporan perkembangan usaha kelompoknya dan mengungkapkan kendala yang dihadapi sehingga bisa dicarikan solusi," katanya.(*)


sumber : http://bali.antaranews.com/berita/4300/mahasiswa-isi-dibekali-pengetahuan-wirausaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar