Jumat, 28 Mei 2010

Nikmatnya Makan Sushi Pelangi

Anda pencinta makanan Jepang, tidak salahnya mencoba menu yang ditawarkan oleh Hotel Shangri-La Surabaya. Menu yang ditawarkan adalah Rainbow Rolls.

Menu ini perpaduan nasi sushi yang di atasnya diberi bermacam-macam sari laut antara lain, daging ikan tuna, salmon, cumi segar, daging gurita, ikan kakap, udang gala, buah alpukat dan telur ikan.

Sushi yang biasa kita temukan hanya menggunakan satu macam lauk saja tetapi kali ini Chef Mido Masashi dari Negeri Sakura dan timnya membuat terobosan baru dengan mengkombinasikannya berbagai macam rasa.

Chef Suarsana, Assistant Chef mengemukakan bahwa dalam membuat sushi diperlukan kepandaian dan teknik khusus juga standard yang harus di lalui agar sushi dan lauknya senantiasa tetap segar dan enak dikonsumsi.

Salah tekniknya adalah mengepal nasi sushi. Berdasarkan kekuatan tangan sewaktu mengepal, bentuk nasi bisa berupa bentuk silinder (tawaragata), kotak persegi empat (hakogata) dan kapal (funegata).

Tempat membuat nasi sushi pun tidak sembarangan, ada tatakan khusus yang biasa disebut sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang) yang dibungkus dengan plastik Tidak hanya mengepal nasi tetapi yang lebih penting juga adalah teknik menyiapkan lauknya.

Pada pengolahan udang, setelah dibersihkan udang direbus selama kurang lebih 3 menit kemudian di celupkan kedalam air es selama 5 menit. Ini bertujuan agar daging udang tetap segar dan dagingya tidak keras.

Menurut Chef asal Okayama Jepang ini mengatakan agar udang tidak melengkung pada saat dimasak, daging udang terlebih dahulu ditusuk dengan tusukan sate kemudian baru dimasak. "Setelah bahan semua sudah matang, sushipun siap dinikmati dengan acar jahe merah dan wasabi yang berfungsi untuk menghilangkan bau amis," tuturnya.

Dalam dunia Sushi terdapat istilah-istilah kata yang memiliki arti dalam bahasa Jepang antara lain, otesho/shoyu/murasaki atau kecap asin, kappa (ketimun), gari (asinan Jahe), gyoku, su (cuka), kusa (nori) dan gunkan (sushi yang dikelilingi nori) dan shari (nasi sushi).
(wln/wln)

sumber : http://surabaya.detik.com/read/2010/04/15/085831/1338627/594/nikmatnya-makan-sushi-pelangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar