Kamis, 27 Mei 2010

Banyak Duduk Sakit Jantung

BERILAH tempat duduk bagi orang yang lebih memerlukan saat menggunakan kendaraan umum. Tidak hanya mendapat amal baik, tapi juga berguna bagi kesehatan. Menurut penelitian bidang penyakit jantung dan pembuluh darah Fakultas Kedokteran Universitas Melbourne, Australia, banyak duduk berisiko terkena serangan jantung.

Seseorang yang tiap hari duduk sekitar 15 jam, baik di tempat kerjanya maupun dalam perjalanan, bisa memperpendek usia. Sebab, duduk lama mempengaruhi bertambahnya zat lemak, gula, dan proses keduanya dalam tubuh yang berakibat buruk bagi jantung. Walaupun seseorang itu giat berolahraga 30 menit setiap hari, kebanyakan duduk meniadakan manfaatnya. "Karena banyak duduk itu menyebabkan otot tak banyak berkontraksi, sedangkan kontraksi otot sangat diperlukan untuk proses metabolisme tubuh," ujar ketua tim peneliti, dokter David Durnsten, seperti dimuat Health-ABC Radio.

Dalam penelitian lain malah disebutkan, banyak duduk sama risikonya dengan dampak merokok bagi kesehatan jantung. Karena itu, menurut periset dari Pennington Biomedical Research Center Baton Rouge, Amerika Serikat, banyaklah bergerak dan kurangi duduk. "Makin sering berdiri semakin bagus buat metabolisme tubuh," ujarnya.

Masih berkaitan dengan bergerak,�British Journal of Sports Medicine menyebutkan empat jam sehari menonton televisi juga berbahaya bagi kesehatan jantung. Bukan perilaku menontonnya, melainkan duduk dan berbaring selama itu. "Setelah empat jam duduk atau dalam keadaan tak bergerak, termasuk berbaring, tubuh mulai mengirimkan sinyal bahaya," kata Elin Ekblom-Bak dari Karolinska Institute, Stockholm, Swedia.

Karena itu, baik menurut Durnsten maupun Bak, bikin teh ke dapur, berdiri di angkutan umum, serta mondar-mandir saat bertelepon dan rapat membantu mengurangi risiko tersebut. "Yang penting jangan mendiamkan otot tak bergerak dalam waktu lama agar jantung Anda tetap sehat," ujar dokter Durnsten.

sumber : http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2010/05/24/KSH/mbm.20100524.KSH133593.id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar