Kamis, 20 Mei 2010

Festival Mutiara Meriahkan Lombok

Festival Mutiara Meriahkan Lombok


Mutiara khas Lombok (Foto: Google)
SELAIN pantai-pantai yang nyaris tak terjamah, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), juga populer sebagai penghasil mutiara yang sangat indah.
Nah, jika Anda termasuk penggemar mutiara, maka jangan sampai melewatkan Lombok Sumbawa Pearl Festival 2010 yang akan dihelat di The Santosa Villas & Resort dan Senggigi Beach Resort, Lombok, pada 6–8 Mei 2010 mendatang.

Festival ini dihelat oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi (Disbudpar) Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Asosiasi Budi Daya Mutiara Indonesia. Diharapkan, festival tersebut dapat semakin memopulerkan Lombok sebagai penghasil mutiara bertaraf internasional.

Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar mengatakan, budi daya mutiara di Indonesia sangat prospektif. Tersebar di sejumlah pulau seperti Lombok, Maluku, Ternate, dan Papua. ”Batu mutiara ini diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Jenewa, Milan, dan Zurich. Sudah menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia,” ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB Ali Syahdan mengungkap, saat ini di NTB terdapat sekurangnya 36 perusahaan budi daya mutiara dengan perakiraan nilai produksi mencapai Rp80 miliar per tahun. ”Tiap tahun produksi mutiara NTB berkisar 650 kg hingga 800 kg. Sebagian besar di ekspor ke Jepang,” tukasnya.

Pesona mutiara tak pernah lekang oleh zaman seiring selera dan gaya hidup masyarakat yang terus berubah. ”Jika Jepang unggul dalam perdagangan dan pemasaran mutiara, maka Eropa dan Amerika sangat agresif menggunakan mutiara dalam industri fesyen,” tutur pakar mutiara dari Paloma Agung, Bambang Setiawan. Menurut dia, momen penanaman mutiara di Indonesia juga bisa dikemas lebih atraktif guna menarik wisatawan. ”Wisatawan yang sudah tahu umumnya akan selalu datang setiap kali musim tanam mutiara tiba,” bebernya.

Dalam ajang Lombok Sumbawa Pearl Festival 2010 nanti, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rencananya akan membuka acara yang dilanjutkan panen mutiara bersama Ibu Ani Yudhoyono serta meninjau stan pameran di Garden Ballroom.

Serangkaian acara menarik lainnya adalah pemilihan duta mutiara, pameran mutiara (oleh petani mutiara dari NTB, Maluku, Ternate, dan Papua, serta lelang mutiara yang diikuti para buyers mancanegara. Selain itu, perancang Samuel Wattimena juga turut memeriahkan acara melalui pergelaran busana dan perhiasan mutiara.

Ada pula pagelaran seni tari dari NTB dan grup vokal Be3. ”Selain mutiara, produk ikutan mutiara seperti aneka kerajinan dari cangkang tiram mutiara juga akan dipamerkan,” sebut Kepala Disbudpar NTB Lalu Gita Ariadi.

Kemeriahan festival mutiara kian lengkap karena pada waktu dan tempat yang sama juga digelar Indonesia MICE & Corporate Travel Mart (IMCTM) 2010. Perhelatan tahunan ini menjadi ajang pertemuan bisnis antara pihak korporasi, agensi perjalanan dengan resor, serta tempat konvensi dan penyedia fasilitas MICE. Sekitar 150 sellers dari berbagai daerah akan dipertemukan dengan 200 buyers mancanegara seperti dari Australia, China, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.


sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2010/04/24/25/325944/25/festival-mutiara-meriahkan-lombok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar