Selasa, 25 Mei 2010

Indonesia Optimistis Raih Target dari AS

Indonesia Optimistis Raih Target dari AS

JAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil pembicaraan dalam pertemuan antara Menteri Perdagangan Amerika Serikat Gary Locke dan sejumlah pihak dari Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia di Kantor Menko Perekonomian, Selasa (25/5/2010), Indonesia optimistis mampu mencapai target investasi dari AS.
"Ini sudah diperhitungkan dan akan bantu kenaikan target investasi kita," kata Ketua BKPM Gita Wirjawan di Kantor Menko Perekonomian seusai pertemuan.
Gita sebenarnya enggan menyebutkan angka pertumbuhan investasi yang dihitungnya. Namun, dia memperkirakan target kenaikan 15 persen dapat tercapai.
Pada tahun 2009, investasi AS di Indonesia secara keseluruhan mencapai 173,2 juta dollar AS. Gita mengatakan, pertemuan Indonesia dan AS ini didominasi pembicaraan mengenai kerja sama energi bebas polusi (clean energy).
Menurut Gita, AS juga menawarkan hal-hal yang dapat dibantunya. Memang belum ada jumlah investasi yang menjadi komitmen di antara keduanya. Menurut Gita, pembicaraan masih berkisar di lingkup kebijakan. Sementara tawaran bantuan datang dari sektor privat.
Dalam pertemuan ini, AS juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas peran Indonesia dalam penandatanganan Overseas Private Investment Corporation (OPIC) pada 13 April lalu.
Menurut Gary, seperti dituturkan Gita, hal ini akan membuka peluang investor AS ke Indonesia, termasuk investasi clean energy. Menurut Gita, kapitalisasi pasarnya minimum 300-500 miliar dollar AS. "Dari semangat yang kita lihat, bisa menjanjikan. Saya rasa ini bisa menopang pencapaian target kita," tambahnya.

sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/05/25/16330767/Indonesia.Optimistis.Raih.Target.dari.AS-14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar