Minggu, 28 Maret 2010

BENCANA ALAM TIDAK PENGARUHI PARIWISATA INDONESIA

BANDUNG--MI: Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik yakin bencana alam yang terjadi di beberapa daerah tidak mempengaruhi sektor pariwisata.

"Tidak ada pengaruhnya (bencana alam) terhadap pariwisata," katanya seusai menghadiri wisuda Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Sabtu (27/3).

Ia menyatakan, di beberapa wilayah Indonesia memang sedang dilanda bencana alam seperti banjir. "Kita ini negaranya besar, ada bencana yang memang karena alam dan karena ulah manusia. Tapi saya yakin setiap terjadi bencana alam pemerintah melakukan yang terbaik seperti ada tanggap bencana," katanya.

Namun, ujarnya, bukan berarti dengan adanya bencana tersebut berpengaruh ke sektor pariwisata. "Kalau ada bencana di suatu daerah seperti bom di Bali, maka kita akan
menggiring wisatawan untuk berkunjung ke wilayah lain seperti Yogyakarta. Dengan demikian sektor pariwisata tidak akan terganggu," kata Menteri.

Pihaknya juga meminta kepada media massa di Indonesia supaya lebih proporsional dan berimbang dalam memberitakan kejadian bencana alam. "Kepada rekan-rekan pers juga kalau bisa dalam memberitakan bencana harus proporsional. Seperti banjir di Bandung atau Majalaya, Jawa Barat, jangan dibuat bahwa kesannya bencana banjir itu melanda seluruh Jawa Barat, nanti orang bisa takut," ujarnya.

Ia menegaskan, bukti bahwa tidak ada pengaruh langsung bencana dengan sektor pariwisata di Indonesia ialah meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Menurutnya, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia Januari 2010 naik 2% bila dibandingkan dengan Januari 2009. (Ant/OL-01)


SUMBER : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/03/132178/21/2/Bencana-Alam-tidak-Pengaruhi-Pariwisata-Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar