Senin, 29 Maret 2010

beberapa cara untuk mengurangi stres

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress :

1. Berdoa dan beribadah, untuk menguatkan keyakinan kita akan keberadaan yang maha Kuasa, sehingga membuat seseorang tidak cepat berputus asa karena akan selalu ada yang menjaga, menolong, dan memberi kekuatan kepada kita ketika sedang berada dalam kesulitan.

2. Tidur jangan terlalu larut malam, hal ini dapat mengganggu dan mengurangi konsentrasi ketika kita akan beraktifitas keesokan harinya.

3. Bangunlah tepat waktu agar dapat memulai hari untuk kuliah, sekolah atau pun bekerja tanpa harus terburu - buru.

4. Jangan suka memaksakan diri sendiri untuk sesuatu yang tidak dikuasai dan berani berkata “tidak” untuk menerima pekerjaan yang bertabrakan dengan jadwal sendiri.

5. Percayakan pekerjaan – pekerjaan yang sekiranya tidak mampu untuk dikerjakan kepada orang lain yang lebih mampu. Jangan menerima pekerjaan apabila dirasa tidak mampu.

6. Sederhanakan hidup dengan tidak membuatnya semraut ( berantakan ) dan kacau.

7. Selalu bersyukur dengan apa yang telah didapat.

8. Sediakan waktu khusus untuk melakukan hal-hal lain yang menyenangkan, seperti mengerjakan hobi atau pergi ke tempat - tempat yang menyenangkan yang menjadi selingan dari segala rutinitas.

9. Distribusikan pekerjaan - pekerjaan berat dan sulit ke dalam waktu-waktu berbeda yang sesuai, jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan sekaligus.

10. Jadwalkan kegiatan rutin di hari dan waktu yang tetap.

11. Jauhkan kekhawatiran-kekhawatiran ketika sedang memikirkan sesuatu hal dengan selalu berpikiran positif dan optimis.

12. Hiduplah sesuai dengan kemampuan keuangan yang tersedia. Jangan berhutang atau menggunakan kartu kredit secara berlebihan untuk pembelian kebutuhan tetap sehari - hari atau membeli sesuatu yang tidak berguna.

13. Persiapkan banyak cadangan-cadangan, seperti duplikat kunci kendaraan atau rumah serta simpan di tempat yang aman.

14. Usahakan menabung dan mempunyai asuransi untuk hal-hal yang bersifat darurat. Hal ini dilakukan untuk persiapan dalam menghadapi segala kejadian yang tidak diinginkan.

15. Jaga mulut dari perkataan – perkataan yang menyakitkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kita dari sejumlah permasalahan besar yang dapat terjadi.

16. Bermain game atau having fun dengan program-program lucu di internet juga dapat memberikan penyegaran baru.

17. Jangan lupakan untuk membuka dan membaca kitab suci.

18. Melakukan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita.

19. Selalu makan makanan yang sehat dan bernutrisi.

20. Letakkan segala sesuatu pada tempatnya yang tetap. Hal ini menghindari kita dari sikap pelupa.

21. Mendengarkan lagu pada saat – saat tertentu dapat membantu memperbaiki kualitas hidup kita.

22. Tuliskan pemikiran - pemikiran dan inspirasi - inspirasi yang diperoleh sebagai bahan perencanaan untuk melakukan hal yang lebih baik di masa yang akan datang.

23. Sempatkanlah sedikit waktu pada setiap harinya untuk menyendiri dan merenung untuk mendapatkan pencerahan agar dapat melangkah ke masa depan dengan lebih baik lagi.

24. Ketika sedang dihadapkan dengan masalah yang berat, maka kembalikan segala sesuatunya kepada Tuhan dengan berdo’a dan beribadah dan cobalah untuk mengatasi permasalahan – permasalahan yang kecil sebelum waktu tidur tiba. Hal ini menghindari kita dari tumpukan persoalan yang nantinya akan menimbulkan kesulitan bagi kita.

25. Bersahabatlah dengan orang - orang yang dekat dengan Tuhan, karena kita akan termotivasi juga untuk dekat dengan- Nya.

26. Sering - sering membaca buku-buku keagamaan dan tingkatkan terus kualitas kerohanian dalam diri pribadi.

27. Ingatlah bahwa jalan pintas antara keputusasaan dan harapan seringkali dengan ucapan pendek “Terimakasih Tuhan.”

28. Banyak – banyaklah mengurangi ketegangan dengan melakukan hal- hal yang dapat merangsang timbulnya tawa.

29. Bekerja dengan serius, tanpa melupakan kepentingan pribadi.

30. Kembangkan sikap pemaaf karena banyak orang yang selalu berusaha untuk memaafkan walaupun seorang pendendam sekalipun, karena menanggung rasa marah dan dendam adalah hal yang sangat menyakitkan.

31. Ramahlah terhadap orang-orang yang tidak ramah. Karena Sebenarnya orang yang tidak ramah sekalipun menyukai orang - orang yang ramah.

32. Kendalikanlah ego dalam diri masing - masing.

33. Berbicaralah lebih sedikit ketika keadaan mengharuskan menjadi pendengar yang baik.

34. Jangan terburu-buru ( tergesa –tergesa ), lakukan sesuatu dengan terencana dan terurut, karena hal yang dilakukan dengan terburu – buru biasanya menghasilkan sesuatu yang tidak begitu maksimal.

35. Ingatkanlah kepada diri sendiri, bahwa kita bukan pengatur dari alam semesta ini.

36. Setiap malam sebelum tidur, pikirkanlah sesuatu yang selama ini jarang kita syukuri, kemudian segera ucapkanlah rasa syukur kepada-Nya akan hal tersebut, karena sang Pencipta selalu mempunyai jalan untuk mengembalikan segala sesuatu yang berada di sekitar kita.



sumber : http://alzenapresent.blogspot.com/search/label/Artikel%20Kesehatan%20Mental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar