Rabu, 09 Juni 2010

Enam Penyebab Kematian Paling Ditakuti

Kebanyakan apa yang kita takuti sudah pernah terjadi, demikian ungkap Deepak Chopra, MD seorang pelopor pengobatan alternatif. Dengan kata lain, sebagian besar ketakutan kita sebenarnya tidak perlu.

Setiap manusia dihantui oleh ketakutannya masing-masing. Banyak orang Amerika memiliki rasa takut akan kematian karena beberapa sebab yang sebenarnya kemungkinan untuk terjadi pada mereka sangat kecil. Sebaliknya, penyebab kematian mereka seringkali dari tidak berasal dari ketakutan mereka tersebut.

Dibawah ini merupakan beberapa penyebab kematian yang paling ditakuti… namun paling kecil kemungkinannya terjadi.

Pesawat jatuh : sekitar 30 juta orang Amerika menggambarkan dirinya sebagai orang yang “takut terbang.” Seberapa besar resiko mengalami kecelakaan fatal dalam penerbangan? Menurut Arnold Barnett seorang ahli statistik bidang keselamatan penerbangan, hal itu terjadi setiap 19.000 tahun. Artinya orang yang terbang satu kali tiap 19.000 tahun.

Serangan ikan Hiu. Apakah Anda takut berada dilaut karena menonton film Jaws? Anda tidak sendirian, sebagian besar ketakutan orang Amerika adalah karena hal ini. Pada hal, menurut International Shark Attack File (ISAF), 1.909 serangan ikan hiu di seluruh dunia terjadi antara tahun 1580 hingga 2003. Dari jumlah tersebut, 737 serangan terjadi di Amerika dan hanya 38 orang yang meninggal karenanya. Jadi berapa besar kemungkinan Anda di serang ikan hiu? 1:11.500.000, ungkap ISAF. Yang meninggal karena serangan ikan hiu? 0 : 264.100.000.

Dibunuh. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu orang dibunuh setiap 60 detik di seluruh dunia. Pada Tahun 2000 di perkirakan 520.000 orang di bunuh di seluruh dunia. Walau angka tersebut terdengar cukup banyak, namun mari kita lihat dari sudut pandang lain. Inilah sebagai perbandingannya, pada tahun 2000, lebih dari 6 juta orang tewas karena kanker.

Mati karena jatuh. Pada tahun 2001, lebih dari 11.600 orang berusia 65 tahun lebih meninggal dunia karena terjatuh, hal tersebut menggambarkan perlunya perhatian khusus. Anak-anak pun beresiko jatuh jika tidak di awasi dengan benar. Namun jenis jatuh yang sedang dibicarakan disini terjadi dari ketinggian dan untuk orang dewasa. Jatuh dari ketinggian adalah penyebab utama kematian para pekerja konstruksi, dan perkiraan hanya menyebabkan 80 orang meninggal per tahunnya. Resiko masyarakan umum mengalaminya sangat kecil.

Serangan teroris. Jika di Jakarta sudah beberapa kali mengalami hal ini, di Amerika juga pernah mengalami peristiwa 11 September, maka bisa dikatakan hal wajar jika banyak orang ketakutan akan hal tersebut. Berdasarkan jajak pendapat di Conde Nast Traveles pada Februari 2003 ditemukan bahwa sepertiga responden takut serangan teroris. Peluang Anda mati dengan cara ini berapa besar? Sejarah mencatat, hanya 1:9.300.000 kesempatan.

Bencana alam. Gempa bumi, tornado, angina topas, banjir, badai, tanah longsor, tsunami… semua di anggap sebagai ancaman yang bisa datang kapan saja. Kemungkinan Anda mengalami kematian karena hal di atas? 1:3357 kesempatan, demikian menurut ilmu dan tehnologi di situs LiveScience.com. Anda lebih mungkin terbunuh karena kebakaran dari pada bencana alam yang ada.

Penyebab kematian paling nyata saat ini.

Singkirkan semua penyebab kematian diatas, Journal of American Medical Association menerbitkan hasil penelitian mereka tentang penyebab kematian sebenarnya di Amerika Serikat ( pada tahun 2000), yaitu :


Tembakau (435 kematian, atau 18,1 % total kematian di Amerika)
Diet yang buruk dan aktivitas fisik (400.000 kematian, atau 16,6 %)
Konsumsi alcohol (85.000 kematian atau 3,5 %)
Disebabkan mikroba (75.000 kematian)
Bahan beracun (55.000 kematian)
Kecelakaan kendaraan bermotor (43.000 kematian)
Insiden yang melibatkan senjata api (29.000 kematian)
Prilaku seksual (20.000 kematian)
Penggunaan obat-obatan terlarang (17.000 kematian)
Dari pemaparan diatas, ketakutan seseorang seringkali tidak terbukti jadi sebuah kenyataan. Ketakutan sendiri berdampak buruk bagi psikologis seseorang dan juga fisiknya. Alkitab menuliskan, “Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?” (Matius 6:27) . Dari penyebab kematian yang sebenarnya, nyata bahwa penyebab kematian terbesar adalah karena prilaku yang merusak seperti merokok, diet yang buruk dan minum-minuman keras, untuk itu hal-hal itulah yang perlu di hindari karena tubuh kita adalah bait Allah yang harus kita rawat sebaik mungkin.

sumber : http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/72/news/100609132841/limit/0/Enam-Penyebab-Kematian-Paling-Ditakuti.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar